20 Apr 2014

TIPS and Trick masuk STIS oleh Rasyid13.wordpress.com

Wah 10 Mei semakin dekat.. gimana?? Deg-degan..?? Nah kalo tulisan yang sebelumnya mengenai info seputar STIS dan postingan mengenai contoh-contoh soal… kali ini saya mau share sedikit, gimana pengalaman waktu ujian, gimana suasana dan keadaan waktu saya ikut USM tahap tulis…
Waktu itu saya melaksanakan tes tulisnya di daerah sendiri… yakni di Kota Bengkulu.. tepatnya tes nya diadakan di Gedung Olahraga.. Jadi sewaktu tes, saya bisa lihat semua peserta tes, tau siapa aja yang ikut tes, dan gimana ekspresi muka yang ikut saat tes berlangsung :D
Kira-kira waktu itu tes mulai pagi-pagi (sekitar jam 7.. saya agak lupa)… waktu itu saya agak telat.. jadi pas datang, udah ngeliat semua peserta *jreeng* banyak banget.. Kira-kira lebih 500an orang.. Nah kita mulai tips yang pertama dari sini… “Jangan kalah mental”… “Semua yang disana adalah saingan kamu”.. walaupun disana mungkin ada beberapa orang teman yang kamu kenal. Jadi kalo kamu udah takut duluan gimana mau berhasil kan.. Tunjukkan mental juara yang kamu punya!! Kalo kamu datang dengan meyakinkan.. minimal lawan-lawan kamu akan mulai turun mentalny.. hehehe…J
Lanjut ke cerita… Saya mulai cari tempat duduk berdasarkan nomor peserta.. Lalu duduk manis.. lalu mulai mengisi Lembar jawaban komputerny… Tips selanjutnya… Jangan lupa bawa peralatan yang lengkap (alat tulis), papan jawaban, dan juga tissue. Biasanya tangan bakal keringetan gara-gara gugup bin cemas ngerjain soal.. jadi jangan sampe itu LJK jadi lecek ketetes-tetes keringet.. hehehe…
Selajutnya.. Jangan lupa berdo’a dulu sebelum buka soal.. dan jangan lupa berposotif-thinking bahwa soal yang akan kamu buka ini ialah soal yang mudah, hehehe… Nah Jadi di dalam bungkus soal nya, ada 3 paket soal.. ada soal Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. Nah yang pertama harus dikerjain yang MM.. waktu pengerjaannya 90 menit.. lebih banyak 30 menit dari jenis soal lain… Nah tiap pengerjaan paket soalnya ada perintah untuk memulai dan berhenti.. jadi kalo nanti kamu udah disuruh berhenti ngerjain soal MM untuk pindah ke B.Ing , tapi masih ngerjain yang MM… biasanya kamu udah ditandain sama pengawasnya… Jadi bekerjalah sesuai dengan aturanya..
Nah waktu itu, ternyata soal MM nya cukup sulit (maklum saya bilang sulit soalny, waktu itu saya masih seorang pemalas, hehehe :D) Dari 60 soal tersebut, saya hanya bisa menjawab sekitar 27 soal di 10 menit terakhir.. tapi saya sedikit spekulatif *asal* buat ngejawab 3 soal dengan nebak (nah.. yang ini jangan ditiru!! -_-).. Lebih baik teman-teman menjawab soal yang memang yakin 90% benar tiap soalnya.. karna ada angka mati dalam aturan nilai jawabannya. Jika benar 4poin, tidak menjawab 0poin, dan salah -1 [kayak snmptn]. Dan ada batasan minimal lulus yakni menjawab dengan benar min 20 soal.
Jadi benar-benar saya tekankan disini untuk menjawab sesuatu yang benar-benar diyakini “benar”
Teet… “waktu untuk pengerjaan soal matematika sudah habis”.. wah pas saya lihat saya cuma menjawab setenganhnya untuk MM, saya cukup kecewa.. giman ga? Pas ngeliat sekeliling saya, saingan-saingan lainya kataknya hampir menjawab penuh.. Tapi ternyata saat saya disini saya sudah sadar.. teknik yang beberapa orang terapkan dengan berspekulasi dalam menjawab semua soal secara asal dan tidak yakin ialah teknik yang salah.
Next.. soal bahasa inggris, disinilah kunci saya meraih poin banyak kayaknya… Nah di B.ing ini waktu itu saya kira-kira bisa menjawab sekitar 58 soal dari 60 soal. Karna waktu saya tes soal b. ing relative mudah.. (teman-teman saya pun juga bilang gitu). Karna tiap soalnya ada keyword tentang materi yang sedang disoalkan. Contoh misalnya tentang Passive voice, maka disoal akan tercantum:
34. Passive Voice
(//Soal) Blablablablablablaba……..
“yahh pantes mudah…” itu mungkin pikiran teman-teman sekarang… eitss.. jangan dulu berfikit seperti itu tahun ini.. siapa tahu tahun ini soal tes untuk bahasa inggris nya sedikit lebih sulit dari tahun lalu… Jadi lebig baik teman-teman lebih mempersiapkan diri saja… dari pada memikirkan soalnya akan susah,, atau akan lebih rumit, ataupun akan lebih mudah..
“Sukses ialah ketika Kesempatan bertemu dengan Kesiapan”
Selanjutnya ganti ke Soal Pengetahuan Umum, disini saya juga memanfaatkan untuk mendokrak poin.. Semua soal PU saya lahap habis.. hehehe… Soalnya seputar teknologi dan komunikasi, sedikit pengetahuan mengenai statistic (seperti hasil sensus terakhir, macam-macam sensus, dll), lalu ada juga sedikit mengenai pendidikan kewarganegaraan.. Kunci nya kalo teman-teman gaul dan melek teknologi, dan juga sering update berita, info, ataupun sering baca, mudah-mudahan bisa untuk menjawabnya.
Akhirnya selesai.. Lega setelah selesai mengerjakan soalnya.. namun pasti masih ada cemas karna ga tau gimana nanti hasilnya, hahaha… :D tapi itu hal biasa.. Sudah selesai tesnya, sebaiknya jangan terlalu difikirkan,, tenang… berpositif-thingking lah dan berdo’alah untuk menunggu hasilnya.. jangan setelah mengerjakan kamu bahas dengan teman-teman mana-mana yang salah… hal itu hanya akan menambah kesssell kalo ada yng salah… dan kalo kesel jadi nyesel kenapa ga belajar bagian yang itu.. kalo udah nyesel ujung-ujungnya jadi galau kenapa bisa gitu, hahah…:D Tipsnya ialah, kita cukup percaya diri, dan yakin setelah tes, anggaplah dulu kita sudah berhasil menjawabnya.. sehingga kalo pesaing-pesaing nanya “kamu bisa ga tadi??”… berikanlah senyuman… maka galaulah mereka semua… hahaha :D
Saran saya, setelah  tes sebaiknya menenangkan diri terlebih dahulu dan melakukan refreshing agar siap untuk menghadapi tes-tes selanjutnya.. :D
Saya juga punya nyaranin buat temen-temen, sebelum tes kondisi temen-temen harus dalam keadan fit dan sehat.. jangan lupa sarapan sebelum tess.. kalo otaku dah sarapan, kinerja nya jauh lebih fresh dan baik setelah diberi nutrisi. Jangan kebanyakan minum, ntar waktu ujian abis buat ke wc aja.. dan saat tes teman-teman harus dalam keadaan bahagia, senang,, sehingga gak ada masalah teknis seperti sakit, atw lg banyak masalah saat menjalani tes.. ini juga turut memepengaruhi mentalitas lo.. J
Ada sedikit teknik lain dari saya.. yakni mengerjakan 60 soal dengan masing-masing soal dikerjakan 1-1,5 menit unutuk matematika, dan 45 detik untuk soal bahasa inggris dan pengetahuan umum. Untuk matematika, pilihlah soal-soal yang mudah dahulu.. jangan terhenti pada satu soal.. Jadi kalo saya waktu itu.. mengerjakan soalnya secara acaak.. lihat soal.. dirasa bisa.. kerjakan.. tidak bisa.. langsung pindah ke soal lain… Biasanya saya ngerjain soal dari yang paling belakang dulu… kalo stag.. pindah ke yang paling awal.. kalo stag juga pindah ke tengah.. tergantung mana yang saya ingin dan yang saya bisa.. Jadi kalo dirasa dalam setengah menit tidak bisa ngerjain atau jawaban nya ga nemu.. langsung aja pindah soal..
Untuk soal bahasa inggris dan pengetahuan umum, dipatok hanya 45 detik.. bahkan sebenarnya jauh lebih cepat dari itu.. karna untuk soal bahasa inggris dan pengetahuan umum, waktu pengerjaannya 60 menit, jika dipatok 45detik/soal maka masih tersisa sekitar 15 menit untuk memeriksa jawaban maupun memeriksa lembar jawaban.. soal bahasa inggris biasanya nalar secara cepat.. jadi lihat-jawab.. lihat.. jawab.. seperti itu tidak akan memakan waktu terlalu lama… begitu pula soal-soal pengetahuan umum.
Satu lagi teknik saya waktu menjawab… karena jawabanya harus dilingkari di LJK.. biasanya sayya menjawab soal-soal terlebih dahulu,, baru sekitar 30/20 menit sebelum waktunya berakhir, saya memindahkan jawabannya ke LJK. Karena dalam prinsip saya, konsentrasi saya tidak terpecah-pecah antara ketika ingin menjawab dan mengisi LJK. Namun hati-hati juga, teknik ini berbahaya jikalau kita tidak tahu waktu.. bisa-bisa nantinya malah kebablasan dalam menjawab, sehingga waktu yang tersisa untuk menyalin ke LJK hanya sekitar10 menit lagi. Mungkin bisa disiasati dengan membawa jam tangan.
Satu hal lagi yang perlu digaris bawahi, yakni banyak-banyak lah latihan soal, berlatihlah dari soal-soal tahun sebelumnya karena biasanya pola-pola soalnya tidak terlalu berbeda dari itu. Dan juga untuk MM kuatkan lah hafalan rumus-rumus dasar teman-teman semua, serta konsep-konsepnya. Biasanya juga kalo temen-temen sudah bahasa soal-soal tahun sebelumnya, temen-temen bisa tau pola soal, jenis-jenisnya… sehingga dapat ditemukan trik cepat dalam mengerjakanya. Dan jangan lupa teliti lah karena ada beberapa soal yang menjebak biasanya.
Inti dari latihan-latihan soal ialah pengulangan sehingga kita jadi lebih terbiasa mengerjakan soal-soal setipe itu.. Success to be specialist become from practice and repetition… Sukses untuk menjadi seorang yang ahli ialah hasil dari latihan dan perulangan. Berlatih dan diulang-ulang terus.. minimal setelah mengerjakan 2/ kali tipe soal yang sama teman-teman akan hafal dengan rumusnya..
Oke mungkin itu dulu yang dapat saya share… semoga dapat bermanfaat.. jika ada pertanya bisa hubungin saya lewat facebook, twitter, atw komen di bawah sini.. Semoga teman-teman dapat menjawab soal secara tepat dan tepat!! Amiin J Jangan lupa berdoa, beramal, berusaha dan ridho orang tua.. Semoga berhasil!! Sukseskan USM STIS 2012!! Ganbatte!!

No comments:

Post a Comment